Home disruption LAWAN – LAWAN YANG TAK TERLIHAT

LAWAN – LAWAN YANG TAK TERLIHAT

1049
7
SHARE

“The concept of disruption is about competitive response ; it is not about theory of growth. It’s adjascent to growth. But it’s not about growth.” – Clayton M. Christensen.

 
Saya menumpang pesawat American Airlines, nomor penerbangan AA 4368, pada tanggal 9 Desember tahun 2016 yang terbang dari New York menuju Toronto Kanada. Perkiraan waktu tempuh dalam menaiki pesawat tersebut adalah 80 menit.
 
Saat itu udara sangat dingin dan memiliki suhu  udara sekitar 1 derajat Celcius yang sangat terasa sekali dan menusuk tulang saya. Semua penumpang di penerbangan AA 4368 tersebut memasuki pesawat EMB 145 yang memiliki ukuran kecil, dan para penumpang tersebut hanya menggunakan mantel yang berlapis tebal. Salah seorang awak kabin pesawat mengeluarkan sebuah bagasi yang dimiliki oleh seorang penumpang yang tidak mendapatkan tempat duduk.
 
Saya sempat mengobrol dengannya, dan Pemilik Bagasi tersebut adalah seorang warga negara Kanada yang mengambil tempat duduk berada di depan saya. Dia bercerita kepada saya bahwa dia tiba di bandara New York tersebut menggunakan uber. Hal itu juga terjadi dengan beberapa penumpang yang mengambil posisi duduk berada di belakang saya, mereka adalah satu keluarga yang akan berlibur. Saya pribadi juga sebenarnya menggunakan jasa uber, walaupun ketika saya berada di Jakarta saya selalu menggunakan taksi Blue Bird.
 
Saya menulis ini rasanya seperti merajut sebuah kain yang terdiri dari sehelai benang yang terhubungkan dengan benang yang lainnya, dan hal tersebut bisa dilakukan di waktu istirahat dalam setiap perjalanan yang saya ikuti. Saya memilih sebuah tempat untuk bisa duduk tenang di danau Louise yang berada di Banff, Kanada dan pada saat itu terjadi musim semi di tahun 2016. Tulisan tangan yang saya buat disalah satu kertas itu saya tulis dan kirimkan kepada seorang mentee di Jakarta. Tulisan tersebut ditulis ulang olehnya, kemudian dia memperbaiki tulisan saya dan saya kembali mengubahnya ke dalam soft copy menggunakan iPad. Saya mengambil foto ini ketika berada di pesawat American Airlines menuju Toronto, yang di depannya terdapat seorang penumpang Uber yang tadi saya ceritakan di atas. (Disruption, Rhenal Kasali)

 

7 COMMENTS

  1. Howdy! This is my first comment here so I just wanted to give a quick shout out
    and say I truly enjoy reading your posts. Can you suggest any other blogs/websites/forums
    that cover the same subjects? Thanks!

  2. Hey! Quick question that’s completely off topic.

    Do you know how to make your site mobile friendly?
    My site looks weird when viewing from my iphone. I’m trying to
    find a template or plugin that might be able to fix this problem.
    If you have any recommendations, please share. Thank you!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here