Home disruption Eranya Sharing Bisnis

Eranya Sharing Bisnis

341
1
SHARE

Masyarakat Amerika Serikat mulai menggunakan berbagi diantara sesama start up, selain mereka juga berbisnis dengan Alibaba. Dengan Cara-cara terkini yang mereka kenal, namun tidak serta merta pemimpin baru mereka Paham akan apa yang terjadi, bagaimana keadaan di lapangan pekerjaan lama hilang, bagaimana para pelaku usaha tersebut menggantikannya.

Ini bisa saja menjadi penghalang bagi terciptanya lapangan kerja baru dalam hal tertentu. Dalam asas berkembangnya ekonomi berbagi yang mereka anut, mereka memprediksi bahwa setiap kendaraan yang dibeli akan dipakai oleh 20 sampai 40 orang konsumen yang tidak saling mengenal dan secara bergantian. Saat ini kaum kaum muda sudah mulai meninggalkan ekonomi masa lalu mengakibatkan semua orang ingin menguasai berbagai macam aset yang produktif.

Dalam hal ekonomi yang saling memiliki kita cenderung menjadi serba ingin menguasai semuanya secara besar-besaran. Akibatnya, banyak aset pribadi yang jadi menganggur atau Idle capacity karena terbatasnya tangan dan pikiran kita. Sebuah teori ekonomi more is better yang lebih dikenal dengan lebih banyak lebih baik. Namun tidak ada yang membuka artinya lebih lanjut bahwa arti kata “lebih” bagi beberapa kelompok adalah artinya kurang bagi sebagian kelompok yang lain. Dengan demikian ketimpangan terjadi sehingga mereka beralih ke ekonomi berbagai tersebut. Bagi Beberapa orang yang penting adalah bukan memiliki akan tetapi ada atau tidaknya akses dan semangat untuk bisa saling menghidupi.

Namun hal itu masih Ditambah lagi dengan banyak negara yang kini memiliki banyak pengusaha pendatang baru atau start up yang sudah melewati uji coba dengan metode baru mereka. Seperti misalnya Tesla yang menggunakan bahan bakar listrik yang kantornya didirikan pada tahun 2003 di silicon valley California. Penggunaan teknologi bahan bakar listrik ini, diklaim mampu menghemat energi dan juga inovatif. Selain itu Tesla juga sedang membuat mobil yang bisa menyimpan energi matahari ketika bergerak di Jalan Raya pada siang. Yang lebih menariknya energi tersebut bisa digunakan sebagai tenaga listrik di rumah pada malam hari. Tesla juga bekerjasama dengan perusahaan Google yang bisa mengembangkan mobil tanpa awak. Hal ini yang menjadi gebrakan dalam disruption yang bersifat non digital economy. Mereka melakukannya untuk merespon keserakahan kita dalam mengkonsumsi minyak dan mereka sudah menciptakan sesuatu yang memiliki bahan bakar hemat dan juga lebih ramah lingkungan.

Inovasi yang dibuat dari Tesla ini mencapai hasilnya sejak tahun 2015 lalu. Pada saat itu hampir semua industri penjualan mobil mewah menurun tetapi perusahaan Tesla justru naik pesat karena adanya kaum muda.

Itulah keadaan pasar yang selalu berubah. Berbagai macam industri otomotif di Amerika Serikat mulai Terpukul karena adanya serangan disruption. Sekarang mereka juga menghadapi ekonomi bagi dari peradaban uber. Hal inilah yang menimbulkan pertanyaan baru, jika bisnis di Amerika saja sudah dalam kondisi seperti ini, bagaimana kabarnya dengan kita di Indonesia apakah akan aman-aman saja?
Seperti penumpang Uber tadi, dengan semakin mudahnya kita mengakses, mereka pun akan lebih nyaman karena tidak usah lagi memikirkan mengenai perawatan, biaya parkir dan juga biaya lainnya. Nama akses untuk mereka terbuka, maka sebaiknya tidak ada yang harusnya hawatirkan. Malah hal ini lebih efisien daripada memiliki sendiri.

Selain itu hal ini juga merambah ke dunia travel yang hari ini sedang ramai. Kaum milenial dan kaum tua sama-sama sedang mencari tiket untuk berwisata. Berbagai macam tiket yang murah dan juga akses yang bisa sangat mudah bisa membantu mereka. Namun dalam hal ini yang mendapat keuntungan banyak bukanlah perusahaan Hotel seperti Hotel Hilton atau hotel lainnya yang terkenal di internasional, akan tetapi air bnb dan para pengusaha kamar biasa yang saat ini tersebar di berbagai penjuru dunia.

Semua ini terjadi karena melalui ekonomi berbagi. Ekonomi pada saat ini sepertinya tengah kembali lagi ke tangan rakyat yang bisa dilakukan langsung tanpa perantara. Ini juga terjadi gotong-royong secara Global yang memukul mundur semua pemain lama atau inkamben.

Bagi donald Trump ekonom ini memang tidak mudah lagi. Slogan make America great again atau yang disebut dengan menjadikan Amerika kembali hebat bisa menjadi arti yang buruk bagi kita disini. Kita sama-sama sama mengharapkan win-win solution terjadi. Namun ada satu hal yang harus Kita Renungkan yaitu semuanya tidak akan mudah dicapai kecuali jika kita bisa memperjuangkannya dan kita bisa mengubah sudut pandang dengan cara kita. (dikutip dari buku disruption)

1 COMMENT

  1. With a ѵiew tօ be sucсessful with freelɑncing, its neceѕsary to be self-discіplined, motivated, and organized.
    When үou electt to take the rоute of freelancing, you will have tto havе thе ability to searcһ and procuгe prospective jobs, be veery effective in ѕcheduling your time, and have good math expertise for the purpose of bіlling and
    taxes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here