Bagaimana Cara Transaksi Bitcoin Bekerja ?

186
0
SHARE

Seperti dilansir oleh bitcoin.org, berikut ini adalah penjabaran dari pertanyaan tersebut diatas.

Pengertian dasar bagi pengguna baru
Sebagai pemula, anda dapat mengenal Bitcoin tanpa pengenalan aspek teknis dari bitcoin itu sendiri. Sesaat setelah anda melakukan instalasi bitcoin wallet pertama anda, hal tersebut akan membuat alamat Bitcoin pertama anda, dan anda memiliki kemampuan untuk melakukan lebih dari itu di kemudian hari kapanpun anda membutuhkannya. Anda bisa memberikan alamat bitcoin wallet anda kepada siapapun agar anda bisa menerima atau mengirimkan pembayaran. Pada dasarnya, sama dengan email, bedanya, alamat bitcoin hanya dapat dipergunakan 1 kali saja.

Balances – block chain
Block chain itu sendiri adalah buku catatan yang dapat diliat oleh publik yang dipergunakan oleh semua bitcoin yang ada saat ini. Semua transaksi yang terkonfirmasi, ada di dalam block chain ini. Dengan cara ini, Bitcoin wallet dapat mengkalkulasi sisa yang dapat dibelanjakan, juga transaksi baru bisa terverifikasi menjadi spending bitcoin yang benar-benar dimiliki oleh si pembelanja. Integritas serta kronologis dari block chain dilindungi oleh kriptograph.

Transaksi – private key
Transaksi adalah sebuah nilai yang di transfer antar bitcoin wallet yang di catatkan ke dalam blockchain. Bitcoin wallet menyimpan sepotong data yang dikenal sebagai private key atau seed, yang dipakai untuk sign in ke transaksi, yang menyediakan bukti matematis bahwa mereka berasal dari pemilik bitcoin wallet tersebut. Signature juga mencegah transaksi tersebut di ubah oleh siapapun jika sudah di issued. Semua transaksi di informasikan di antara user dan umumnya, validasi akan dimulai dikonfirmasikan oleh network dalam 10 menit berikutnya. Proses ini dikenal sebagai mining.

Prosesing – mining
Mining dikenal sebagai sistem yang di distribusikan secara konsensus yang dipergunakan untuk confirm transaksi tertunda dengan cara memasukkan mereka ke dalam block chain. Ia mengatur kronologis status dari block chain, melakukan perlindungan agar sistem berjalan secara netral, serta mengijinkan komputer komputer berbeda untuk memberikan voting persetujuan pada saat yang sama. Agar terkonfirmasi, transaksi tersebut harus dikemas dalam block dan mampu memenuhi peraturan ketat secara kriptograph yang akan di verifikasi lagi oleh sistem. Aturan ini mencegah block block sebelumnya untuk di modifikasi karena hal ini dapat mengakibatkan pembatalan validasi terhadap block block berikutnya. Proses mining juga memberikan kesempatan yang adil dan sama mencegah siapapun dapat menambahkan block baru secara berurutan pada block chain. Dengan cara ini, tidak akan ada individu yang dapat melakukan kontrol apa yang ada di block chain atau merubah sebahagian daripadanya untuk membatalkan pengeluaran/pembelanjaan mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here