Home bitcoin Cara menghadapi Dump & Pump Kripto

Cara menghadapi Dump & Pump Kripto

419
1
SHARE

Tanzeel Akhtar adalah jurnalis independen Inggris yang karyanya telah dipublikasikan di Wall Street Journal, CNBC, FT Alphaville, Investing.com, Forbes, Euromoney, dan Citywire.

Skema “Pump and dump” telah ada sejak lama sebelum cryptocurrency ditemukan. Apa yang mengejutkan tentang pasar crypto adalah manipulasi jenis ini dilakukan di tempat terbuka.

Pada berbagai saluran media sosial, misalnya Telegram, BitcoinTalk, dan Reddit, kelompok-kelompok individu berkumpul dan setuju untuk membeli altcoin dengan harga tertentu dan menjual secara bersamaan pada waktu tertentu ketika harga naik. Mereka sering menyebarkan informasi yang salah atau menyesatkan untuk membujuk investor yang tidak curiga untuk membeli selama pertemuan.

Tetapi Anda harus memberi mereka kredit untuk satu hal: mereka tidak melakukan kegiatan mereka dengan eufemisme.

Lihat saja daftar lima grup chat P & D di Telegram, menurut Business Insider:

1. Komunitas PumpKing (14.317 anggota)
2. Crypto4Pumps (7.602 anggota)
3. AltTheWay (5,582 anggota)
4. Pump.im (148 anggota)
5. OCPump (1.281 anggota)

Sementara transparansi semacam ini mungkin menyegarkan jika dibandingkan dengan manipulasi rahasia Libor oleh para pedagang di bank-bank besar satu dekade yang lalu, prevalensi kelompok-kelompok ini menggarisbawahi bahaya yang dihadapi investor dalam cryptocurrency.

“Ini memiliki efek negatif pada pasar secara keseluruhan dan dengan mudah menciptakan ketakutan, ketidakpastian dan keraguan (FUD) dalam komunitas crypto secara keseluruhan,” kata Oleg Seydak, CEO Blackmoon Financial Group, sebuah platform untuk peminjaman cryptocurrency pasar.

“Jenis manipulasi ini sayangnya mempengaruhi sebagian besar investor crypto baru dan jika kita ingin industri ini berkembang, kita perlu bekerja sama untuk mencegah dan menutup saluran dan kelompok ini,” katanya.

Solusi potensial
Bagaimana caranya? Salah satu caranya adalah mendorong whistleblowing.

Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas (CFTC), agensi AS yang mengatur derivatif, mengumumkan pada Februari lalu bahwa akan memberi imbalan kepada mereka yang maju dengan informasi yang mengarah pada tindakan penegakan hukum.

Solusi potensial lainnya adalah organisasi pengaturan diri (SRO) seperti yang diusulkan oleh pendiri Gemini, Cameron dan Tyler Winklevoss. Konsep ini mendapat dukungan dari komisioner CFTC Brian Quintenz. Tetapi tidak jelas apakah SRO akan memiliki gigi.

Sampai regulator mengeluarkan aturan untuk membatasi penipuan P & D, investor harus ekstra hati-hati.

Psikologi adalah kunci di balik penipuan ini. Waspadalah karena penipu biasanya adalah ahli persuasi dan akan menyesuaikan bidang mereka untuk memasuki profil psikologis target mereka.

1 COMMENT

  1. hi!,I love your writing very so much! share we communicate more about your post on AOL? I need a specialist in this space to unravel my problem. Maybe that is you! Looking forward to peer you.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here