Home disruption PASAR YANG BARU GENERASI MILLENIAL

PASAR YANG BARU GENERASI MILLENIAL

259
1
SHARE

Disruption menciptakan sebuah dunia yang baru yaitu digital marketplace. Yang menarik adalah valuasi dari sebuah perusahaan sekarang ini tidak lagi berdasarkan pada apa yang diperdagangkan boleh satu perusahaan itu saja. Valuasi yang baru kini mengulurkan prospek yang tampak pada lembaga atau perusahaan tersebut dalam ekologi yang dulu kita sebut sebagai “pasar”.

Ketika sebuah pasar sudah berubah bentuk cara konsumen pun akan ikut berpindah.

Era sekarang ini lawan atau kompetitor kita tidak seperti dulu ya terlihat. Para politisi tahu bagaimana mereka harus berhadapan dengan robot dunia maya serta buzzer yang tidak terlihat lagi secara kasat mata. Hal yang sama juga akan terjadi dalam sebuah peperangan ekonomi antar bangsa dalam bisnis. Lawan lawan main kita adalah pemain yang tidak bisa kita lihat.

Karena bentuknya yang tidak bisa terlihat itulah semuanya harus waspada dan tidak jarang juga kita harus berburuk sangka. Padahal bisa jadi diantara pemain itu membawa kebaikan. Ada banyak versi pertarungan melawan sesuatu yang tidak terlihat ini mulai dari bisnis secara riil atau nyata, hoax, foto hanya sekedar iseng-iseng nadia.

Seperti bab sebelumnya, kita melihat sekali banyak bisnis lama yang sudah berjalan dengan baik dan menjadi goyah setelah berhadapan dengan lawan yang tidak terlihat itu. Seperti misalnya, goyangnya perusahaan Blue Bird karena adanya Uber atau grab, atau juga matahari dan Ramayana sebagai perusahaan ritel konvensional yang Kini harus melawan Lazada atau Zalora. Sama jenisnya dengan lawan tersebut, pasar yang diciptakannya pun tidak terlihat. Tiba-tiba saja penjualan pemain lama menjadi turun dan pelanggan berpindah ke tempat lain entah kepada pemain baru atau kepada pemain lepas yang berjualan melalui sosial media seperti Instagram FB dan Twitter. Pasar digital menjadi ajang baru pelaku usaha disruption.

Keberadaan kita saat ini ditentukan oleh pertempuran dan tidak terlihat ini. Pemain lama yang tidak mawas diri terhadap perkembangan yang terjadi akan terlena dan mereka akan kalah, sementara bagi mereka kreatif dan cerdik bisa mendapatkan sebuah bisnis dan pendapatan baru di luar bisnis konvensional. Upaya baru yang penuh kesempatan ini Tentunya menciptakan ekologi baru.

Namun Celakanya, pasar yang kita bicarakan saat ini tidak dikenal oleh pelaku usaha lama dan saat ini banyak regulator senior. Bagi orang-orang lama, pasar mereka asumsikan sebagai undang berupa toko, gedung, atau sebuah tempat yang terlihat secara fisik dari ribuan orang. Namun bagi para regulator lama, setiap usaha harus memiliki izin dari fokus. Kaum muda yang hidup di dunia saat ini berbeda. Mereka lebih memilih dunia virtual yang tidak kelihatan. Gangguan regulasi inilah yang pastinya akan merepotkan pemain baru yang kini tidak terlihat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here