Home pasar Rantai Pasokan Baru Adalah Blockchain untuk Alibaba

Rantai Pasokan Baru Adalah Blockchain untuk Alibaba

417
0
SHARE

Alibaba Australia, perusahaan e-commerce, telah mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan teknologi blockchain melalui Food Trust Framework perusahaan yang baru untuk meningkatkan keterlacakan rantai pasok. Ini datang hanya beberapa hari setelah raksasa ritel Amerika Walmart mengatakan akan menerapkan teknologi blockchain ke “bisnis makanan hidup,” dan akan mengharuskan pemasok untuk mematuhi kebijakan blockchain-nya.

Yang pertama untuk menguji teknologi blockchain ini adalah perusahaan suplemen kesehatan Blackmores dan pemasok produk susu Fonterra dalam rute dari Australia dan Selandia Baru ke China melalui platform Tmall Global Alibaba. Jika pilot ini terbukti berhasil, Alibaba berharap untuk menerapkan model yang sama di semua pasar e-commerce Alibaba Group.

“Teknologi ini dirancang untuk mengotentikasi, memverifikasi, merekam, dan menyediakan pelaporan berkelanjutan atas pengalihan kepemilikan dan penyediaan produk dan barang,” kata Alibaba dalam sebuah pernyataan. Seiring dengan blockchain, kode QR juga harus ditambahkan ke produk untuk lapisan keamanan lain dalam pertempuran melawan apa yang disebut penipuan makanan.

Penipuan makanan membebani industri makanan global sekitar USD 40 miliar setiap tahun, perwakilan Alibaba mengklaim; Alvin Liu, manajer umum dari Tmall Import & Export, mengatakan: ‚ÄúSebagai tanggapan [terhadap penipuan makanan], kami telah menciptakan kerangka kerja terkoordinasi, terkemuka di dunia dan kuat yang melibatkan para pemangku kepentingan dari seluruh rantai pasokan untuk meningkatkan visibilitas dan meningkatkan kepercayaan diri. dari kedua konsumen dan pedagang akhir. ”

Ini adalah kasus lain dalam garis yang terus berkembang dari yang serupa, di mana blockchain digunakan untuk mencegah praktik yang tidak etis. Dari produsen mobil Jerman BMW yang menggunakannya untuk melacak kobalt mereka ke banyak aplikasi dalam industri perawatan kesehatan, blockchain diatur untuk mengubah dunia menjadi lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here