Home teknologi Rusia: Blockchain Akan Menjadi milik Kita!

Rusia: Blockchain Akan Menjadi milik Kita!

292
0
SHARE

“Internet milik Amerika. Blockchain akan menjadi milik Rusia, “atau variasi daripadanya, adalah apa yang kepala delegasi Rusia, Grigory Marshalko, katakan pada konferensi di Tokyo, di mana perwakilan dari 25 negara bertemu tahun lalu untuk membahas pengaturan standar internasional untuk blockchain, menurut The New York Times (NYT).

Marshalko bekerja untuk FSB, badan intelijen yang merupakan penerus KGB, dan dua anggota delegasi negara empat orang lainnya ke konferensi juga bekerja untuk FSB.

Para delegasi yang menceritakan percakapan ini melakukannya dengan syarat anonimitas, karena diskusi di Organisasi Standar Internasional, atau ISO, seharusnya dirahasiakan, NYT melaporkan. Menurut laporan itu, baik organisasi Rusia yang mengawasi delegasi ke ISO maupun delegasi Rusia menanggapi permintaan untuk komentar. Namun, ketua komite blockchain ISO, Craig Dunn, menolak gagasan bahwa setiap negara dapat membentuk proses. Secara total, perwakilan dari 25 negara berpartisipasi dalam pertemuan terakhir untuk membahas hal-hal seperti metode umum untuk keamanan.

Emma Channing, seorang pengacara yang sering bekerja dengan proyek-proyek terkait blockchain, memperingatkan bahwa negara-negara yang mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk proses tersebut dapat berhasil menciptakan pintu belakang yang akan memata-matai aktivitas blockchain. “Dalam konteks perangkat lunak itu adalah Trojan yang sempurna,” katanya kepada NYT.

Maxim Shevchenko, salah satu delegasi Rusia, berbicara tentang tujuan negara terkait dengan blockchain, di mana slide itu termasuk poin-poin seperti “kemungkinan untuk mempengaruhi teknologi” dan “penerapan standar dan solusi Rusia di seluruh dunia.”

Meskipun ceritanya terdengar seperti premis film James Bond langsung dari tahun 70-an, itu tidak boleh dianggap enteng. Kemungkinan memata-matai dan manipulasi terlalu berat untuk membiarkan negara manapun, kelompok atau individu mendapatkan akses yang begitu dekat ke teknologi, yang sekali lagi membuktikan kebaikan dari sifatnya yang terdesentralisasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here