Home bitcoin Bitcoin Sidechain Akhirnya Tiba

    Bitcoin Sidechain Akhirnya Tiba

    260
    1
    SHARE

    Tiga tahun dalam pembuatan, sidechain pertama bitcoin “Liquid” sekarang hidup.

    Diluncurkan oleh San Francisco, startup Blockstream, Liquid dapat dikatakan sebagai implementasi paling mutakhir dari teknologi yang disebut sidechains yang telah lama menjadi cawan suci bagi para pencetak bitcoin (meskipun apa yang diluncurkan hari ini mungkin merupakan versi yang diencerkan dari visi “tanpa kepercayaan” asli). Namun, itu tidak mengencerkan kemampuan apa yang perusahaan, didirikan oleh top source coders open source di 2014, telah dibuat.

    Dibangun dari blockchain hidup, Liquid sekarang akan digunakan untuk membawa volume besar transaksi pada kecepatan yang lebih tinggi untuk beberapa perusahaan terbesar bitcoin.

    Sebuah tonggak penting, Liquid telah berlangsung selama beberapa waktu. Blockstream pertama kali meluncurkan ide pada tahun 2015, kemudian sidechain diluncurkan dalam versi beta – yang diuji dalam jaringan utama bitcoin – tahun lalu. Hari ini, bagaimanapun, jaringan akhirnya membuka untuk semua mitra Blockstream untuk digunakan untuk transaksi nyata.
    Pengguna awal termasuk 23 perusahaan bitcoin, termasuk bursa, broker dan institusi lain, yang akan membantu mengelola sidechain, serta menggunakan Liquid untuk mengirim transaksi.

    Daftar lengkap termasuk Altonomy, Atlantic Financial, Bitbank, Bitfinex, Bitmax, BitMEX, Bitso, BTCBOX, BTSE, Buull Exchange, DGroup, Coinone, Crypto Garage, GOPAX (dioperasikan oleh Streami), Korbit, L2B Global, OKCoin, The Rock Perdagangan, SIX Digital Exchange, Unocoin, Xapo, XBTO dan Zaif.

    Dengan banyaknya pertukaran besar bitcoin, perusahaan membuat 50 hingga 60 persen volume perdagangan bitcoin, menurut CoinMarketCap.

    “Ini akan meningkatkan ekosistem bitcoin karena Anda dapat berdagang lebih aman dan cepat,” kata CSO Blockstream Samson Mow dalam wawancara
    Dia mengatakan kepada CoinDesk:

    “Sudah siap untuk penggunaan komersial. Pada titik ini, itu hanya masalah pertukaran untuk diintegrasikan.”

    Penggunaan Liquid
    Pada tingkat yang lebih teknis, produk bekerja dengan cara yang mirip dengan semacam alkimia digital.

    Pertukaran mengkonversi bitcoin menjadi “LBTC” – token bitcoin cair – yang dipatok ke bitcoin aktual. Setelah dikirim ke sana, pertukaran dapat memindahkan uang sekitar dengan aman dan jauh lebih cepat daripada pada rantai bitcoin utama.

    “Jika ada satu hal yang dibutuhkan pedagang kami, itu kecepatan. Cair memberikan itu dalam sekop,” kata Paolo Ardoino, CTO dari Bitfinex, dalam sebuah pernyataan. “Permukiman instan Liquid akan memungkinkan para pedagang kami untuk mencapai deposit dan penarikan bitcoin yang lebih cepat, arbitrase yang lebih efisien, dan bahkan harga yang lebih baik melalui spread yang lebih ketat.”

    Namun, ada peringatan besar, salah satu penggemar bitcoin lama yang pasti tidak akan ketinggalan.

    Liquid bukan “nyata” sidechain, atau setidaknya bukan tipe Blockstream didirikan untuk riset dan membangun. Alih-alih membangun sidechain yang memungkinkan pengguna untuk menukar bitcoin dengan koin sidechain tanpa pihak ketiga tepercaya, Blockstream membangun apa yang disebut “sidechain federasi.”

    Sidechains Federasi bergantung pada sekelompok perusahaan – dalam hal ini, mitra peluncuran Blockstream – untuk secara kolektif mengelola sidechain. (Sebuah kertas putih yang dirilis tahun lalu menjelaskan secara lebih rinci teknik-teknik dari jenis khusus penggunaan cairan sidechain federasi.)

    Untuk alasan ini, kritikus seperti pseudonymous bitcoin subreddit moderator ThePiachu telah menyebut teknologi “tidak inovatif” – bahkan sejauh tiga tahun yang lalu. “Cair tampak seperti proyek yang sangat menarik, tetapi itu bukan sidechains yang kita cari,” tulis moderator.

    Sementara ini mungkin tampak seperti tangkapan dalam pengembangan, untuk perusahaan yang terlibat tidak terlalu penting, karena Liquid membantu memecahkan lebih dari satu masalah yang mengganggu mereka. Selain memindahkan uang lebih cepat, mitra juga akan dapat meluncurkan token pada platform, yang mewakili instrumen keuangan, mata uang fiat atau aset crypto.

    Mow pergi sejauh untuk berdebat bahwa sidechain bekerja lebih baik daripada blockchain ethereum kontrak pintar untuk meluncurkan token.

    Potensi
    Di atas itu, dalam beberapa minggu mendatang, Blockstream akan merilis dompet khusus dibuat untuk transaksi Cair. Plus, dompet bitcoin perusahaan GreenAddress sudah mendukung Liquid. Penyedia dompet hardware Ledger dan Trezor telah meluncurkan rencana untuk mengadopsi teknologi juga.

    Sementara itu terdengar seperti cukup momentum, itu sudah jalan panjang untuk Liquid.

    “Dari pandangan tingkat tinggi, Blockstream didirikan pada dua arah peg sidechains. Jadi, Anda bisa mengatakan Liquid pada dasarnya adalah tujuan perusahaan kami. Jika Anda melihatnya seperti itu, sudah beberapa tahun dalam pembuatan, tetapi R & D yang sebenarnya sudah dua tahun, “kata Mow.

    Jadi, mengapa butuh waktu lama bagi Blockstream untuk membangun ini?

    “Sulit untuk meluncurkan sesuatu seperti Liquid karena memerlukan teknik keamanan baik pada perangkat lunak maupun perangkat keras. Ini bukan sesuatu yang ingin kita buru-buru,” Mow berpendapat.

    Ini tampaknya terbukti dengan kejadian baru-baru ini. Seperti dijelaskan lebih terinci dalam posting blog baru-baru ini, Blockstream berpendapat bahwa ketika mereka mendengar tentang pelanggaran keamanan yang tidak dikonfirmasi dari perangkat keras utama yang saat ini mengguncang dunia teknologi, mereka mengirimkan perangkat keras mereka untuk audit – berjaga-jaga.

    Mereka sedang pemilih tentang keamanan mereka, kata Mow, karena mereka memiliki rencana besar untuk orang lain – bahwa teknologi itu berpotensi membawa sebagian besar transaksi total bitcoin.

    Berbicara tentang ini, Mow mengatakan kepada CoinDesk:
    “Ini akan berpotensi bertransaksi miliaran dolar dari bitcoin sehari.”
    Meski begitu, meski teknologi sudah hidup sekarang, masih ada jalan panjang sebelum platform mencapai skala seperti itu. Menurut tim Blockstream, mereka akan terus bekerja dengan pertukaran dan dompet untuk mengintegrasikan Liquid ke lebih banyak platform

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here