Home bitcoin Harga Bitcoin Anjlok

Harga Bitcoin Anjlok

77
0
SHARE

Hong Kong Stock Exchange (HKEX) enggan untuk menyetujui penawaran umum perdana (IPO) aplikasi produsen peralatan pertambangan bitcoin Cina, menurut seseorang yang terlibat dalam pembicaraan.

Setelah booming pasar cryptocurrency 2017, raksasa pertambangan Canaan Creative, Ebang dan Bitmain diterapkan pada bulan Mei, Juni dan September tahun ini, masing-masing, untuk menjual saham di HKEX. Tawaran Bitmain, khususnya, dilihat sebagai momen yang menentukan, karena ini menandai pertama kalinya startup crypto besar berusaha untuk go public.

Tapi pasar beruang 2018 telah menggarisbawahi naik turunnya ruang crypto, membuat pertukaran gugup tentang daftar perusahaan seperti itu, kata sumber itu kepada portalkripto.com. Aplikasi Canaan Creative telah kedaluwarsa, dan dua lainnya menghadapi bar yang tinggi dalam meyakinkan HKEX.

“Pertukaran sangat ragu-ragu untuk benar-benar menyetujui perusahaan penambangan bitcoin ini karena industri sangat tidak stabil. Ada risiko nyata bahwa mereka tidak bisa ada lagi dalam satu atau dua tahun, ”kata orang itu, yang meminta anonimitas karena informasinya bersifat pribadi, menambahkan:

HKEX tidak ingin menjadi bursa pertama di dunia yang menyetujui ini dan memiliki satu mati pada mereka.”

Seorang juru bicara HKEX mengatakan pertukaran tidak mengomentari masing-masing perusahaan atau aplikasi daftar individu. Bitmain menolak berkomentar, mengutip masa tenang pra-IPO-nya, sementara Canaan Creative dan Ebang tidak menanggapi pertanyaan portalkripto dengan waktu tekan.

Melangkah mundur, proses IPO di Hong Kong dimulai dengan perusahaan yang mengajukan draf prospektus dengan HKEX. Kemudian pertukaran akan memulai pembicaraan dan pertanyaan bolak-balik dengan pemohon.

Jika aplikasi disetujui oleh HKEX dan Securities and Futures Commission (SFC) – regulator keuangan Hong Kong – kasus akan dilanjutkan ke sidang pendaftar, selama itu ukuran penawaran dan harga saham diputuskan dan kemudian diumumkan kepada publik.

Namun, jika seorang pemohon tidak berhasil masuk ke daftar sidang setelah enam bulan sejak pengarsipan, aplikasi akan berakhir, artinya kasusnya tidak lagi aktif, meskipun pemohon dapat memilih untuk mengaktifkan kembali kasus tersebut jika masih ingin mengejar penggalangan dana .

Aplikasi Canaan berakhir pada bulan November setelah perusahaan gagal mencapai ke daftar sidang enam bulan sejak pengajuan bulan Mei. Ebang, yang diserahkan pada 24 Juni, hanya berjarak dua minggu dari jendela enam bulan yang berakhir. Bitmain, yang paling terkenal dari kelompok itu, hampir setengah periode enam bulan.

“Saat ini, saya tidak berpikir bahwa salah satu dari mereka bisa datang ke sidang pendaftar,” kata sumber itu, mencatat bahwa baik HKEX dan SFC harus menandatangani. “Jika salah satu dari mereka tidak menyetujuinya, Anda tidak bisa sampai ke pendataan daftar.”

RINTANGAN TINGGI

Pengacara yang akrab dengan proses IPO HKEX menyebut keraguannya untuk membuat daftar perusahaan pertambangan dapat dimengerti.

Terlepas dari persyaratan pencatatan dasar seperti rekam jejak keuangan, HKEX juga berfokus pada “kesesuaian dan keberlanjutan bisnis dan seberapa berisiko bisnisnya bagi investor ritel,” kata Ivy Wong, mitra di firma hukum Baker McKenzie di Hong Kong. .

“Saya telah melihat kasus di mana pelamar bisa memenuhi persyaratan daftar dasar untuk rekam jejak tiga tahun, tetapi tidak berhasil meyakinkan HKEx bahwa bisnisnya berkelanjutan, dan HKEX enggan untuk memberikan persetujuan pencatatan,” katanya. .

Frank Bi, mitra di firma hukum internasional Ashurst di Hong Kong yang secara teratur bekerja dengan perusahaan publik, menggemakan hal itu.

“HKEX akan sangat berhati-hati dan prihatin atas ketidakpastian peraturan yang timbul dari IPO penambang bitcoin di Hong Kong,” katanya. “Ditambah dengan spekulasi pasar potensial yang telah tercermin dari harga bitcoin baru-baru ini, bahkan lebih sulit untuk menyajikan model bisnis yang berkelanjutan dari industri ini.”

Baik Ebang maupun Bitmain telah mengungkapkan data keuangannya untuk kuartal ketiga tahun ini ketika pasar cryptocurrency mulai mengambil penurunan yang signifikan.

“Jika ada penurunan yang signifikan dari pendapatan, laba atau rugi mereka, mereka harus mengungkapkannya. Itu adalah sesuatu yang mengkhawatirkan pertukaran, ”kata sumber yang akrab dengan pembicaraan itu.

Sumber itu kemudian menjelaskan bahwa pertukaran ini benar-benar memanfaatkan fakta bahwa pasar crypto sekarang turun karena sementara itu tidak ingin menyetujui aplikasi, tidak memiliki alasan untuk menolaknya secara langsung.

“Apa yang mereka lakukan adalah mereka hanya menyeret kasus ini sekarang,” kata sumber itu, menambahkan:

“Jika pasar terus naik, bursa dapat ditekan untuk menyetujui kasus-kasus karena seberapa baik seluruh industri melakukan. Tetapi karena pasar sedang turun, perusahaan-perusahaan ini benar-benar harus membenarkan [bagaimana] industri ini berkelanjutan. ”

Bi mengatakan dua alasan umum untuk penundaan IPO di Hong Kong adalah kegagalan pada bagian pelamar untuk memberikan uji tuntas dan pengungkapan kepada kepuasan dan kondisi pasar HKEX di mana penilaian realistis berbeda dari apa yang diinginkan investor untuk keluarnya mereka.

“HKEX selalu dikenal berhati-hati dalam meneliti bisnis pelamar dan keberlanjutannya,” kata Bi.

Lebih dari penambangan?
Salah satu pendekatan penambang bitcoin telah mencoba untuk membenarkan model bisnis mereka ke HKEX adalah untuk merek sendiri sebagai memiliki beragam lini bisnis, seperti penelitian dan pengembangan kecerdasan buatan, telekomunikasi dan blockchain, menurut rancangan pengajuan.

Misalnya, Bitmain mengklaim sebagai “pesaing kuat dalam industri chip AI” dalam rancangannya, berpotensi bergabung dengan jajaran raksasa teknologi seperti NVIDIA dan Google.

“Berkendara atas kesuksesan dan keahlian kami dalam desain chip ASIC dan kemampuan penelitian dan pengembangan yang kuat, kami telah memperluas fokus kami ke bidang revolusioner AI dan telah mencapai hasil yang menjanjikan,” perusahaan menyatakan dalam pengarsipan.

Bitmain mengatakan meluncurkan chip percontohan AI-nya BM1680 pada kuartal kedua 2017, yang “berfungsi sebagai prosesor percepatan akselerasi tensor untuk pembelajaran mendalam, yang berlaku untuk pelatihan dan inferensi pada jaringan saraf tiruan.”

Namun argumen seperti itu tidak berjalan dengan baik di HKEX, menurut sumber yang terlibat dalam pembicaraan.

“Sebenarnya mereka adalah hanya produsen yang fokus terutama pada mesin penambangan bitcoin. Jika seluruh tangki penambangan ini, perusahaan-perusahaan ini mungkin akan menjadi tangki juga, ”kata sumber itu.

Bi setuju, memberi tahu portalkripto, sementara perusahaan-perusahaan ini telah membuat pernyataan tentang perluasan model bisnis mereka di luar penambangan kripto, “kemungkinan kegiatan terkait kripto dan kepemilikan crypto masih merupakan bagian terbesar dari pendapatan mereka.”

Faktor lain yang dapat merugikan perusahaan-perusahaan ini kemungkinan persetujuan adalah kepemilikan besar mereka dari cryptocurrency yang nilainya telah turun tajam dalam enam bulan terakhir.

“Dikombinasikan dengan rekam jejak operasi bisnis yang terbatas dan penurunan nilai-nilai kripto baru-baru ini, mungkin berarti bahwa regulator akan sangat ketat meneliti bisnis mereka,” tambah Bi.

Bitmain, misalnya, mengungkapkan bahwa per 30 Juni tahun ini, ia memiliki US $ 886,9 juta dalam aset crypto, termasuk bitcoin, bitcoin cash, ether, litecoin dan dash, antara lain.

Meskipun tidak mengungkapkan perincian koin-demi-koin, data dari Crypto-Economics Explorer, menunjukkan semua cryptocurrency yang disebutkan telah mengalami penurunan besar setidaknya 50 persen. Di antara mereka, kas bitcoin telah melihat penurunan yang paling signifikan setelah perang keras baru-baru ini, di mana Bitmain telah memainkan bagian vokal dalam memimpin kamp Bitcoin Cash ABC.

Penurunan harga kepemilikan crypto utama Bitmain

 

“Ini [crypto holding] tentu saja tidak membantu dengan kasus ini, karena Anda hanya menambahkan lebih banyak risiko. Sekarang bukan hanya pendapatan Anda yang berisiko, tetapi juga neraca Anda, ”kata sumber itu.”

Simbol status
Yang pasti, go public tidak selalu menjadi masalah hidup atau mati bagi perusahaan pertambangan Cina.

“Perusahaan-perusahaan ini – Ebang, Bitmain, dan Canaan – menginginkan persetujuan dan status peraturan sebagai perusahaan yang terdaftar. Tetapi sejauh kebutuhan pendanaan asli, mereka sebenarnya memiliki cukup banyak uang karena mereka telah menghasilkan banyak hal pada tahun lalu, ”kata sumber yang akrab dengan diskusi tersebut.

Memang, booming tahun 2017 membantu pembuat miner di China untuk menghasilkan pendapatan eksponensial dan pertumbuhan laba.

Bitmain, Cannan dan Ebang menghasilkan $ 1,2 miliar, $ 56 juta, dan $ 60 juta, dalam laba tahun lalu, masing-masing. Lebih lanjut, pertumbuhan yang signifikan juga menyebabkan peningkatan besar dalam kompensasi perusahaan untuk para eksekutif utama mereka.

Menurut pengarsipan, pendiri Bitmain, Ketuan Zhan dan Jihan Wu, misalnya, menerima $ 22,7 juta dan $ 20,4 juta sebagai bonus diskresioner untuk tahun 2017, masing-masing, sementara gaji tahunan mereka adalah $ 27.000.

Wong mengatakan alasan perusahaan untuk mencari IPO dapat bervariasi – beberapa melakukannya untuk profil dan kehadiran di pasar sementara yang lain melakukannya untuk penggalangan dana dan realisasi keuntungan.

“Dugaan saya adalah bahwa alasan [pembuat miner] mereka kemungkinan besar bercampur, ditambah dengan keinginan untuk menetapkan preseden pasar dan menjadi penggerak pertama di pasar,” katanya.

Secara lebih luas, Wong mengatakan mungkin terlalu dini untuk mengatakan keberhasilan atau kegagalan salah satu perusahaan crypto ini karena pasar masih relatif muda dan kita belum melihat bagaimana mereka muncul dan berkembang.

Dia menyimpulkan:

“Ini, dalam hal apa pun, hal yang menarik untuk melihat bahwa ia mampu memberikan investor dengan lebih banyak pilihan investasi dan memuaskan selera risiko yang berbeda di pasar.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here