Home ethereum APA ITU ETHEREUM ??

APA ITU ETHEREUM ??

282
1
SHARE

Pada 2013 whitepaper untuk Ethereum ditulis oleh Vitalik Buterin. Whitepaper menggambarkan sebuah platform komputasi terdistribusi open-source, publik, berbasis blockchain yang dapat menjalankan kontrak pintar: aplikasi yang berjalan persis seperti yang diprogram tanpa kemungkinan downtime, sensor, penipuan, atau campur tangan pihak ketiga.

Ethereum memungkinkan para pengembang untuk membangun dan menggunakan kontrak pintar, serta mengeluarkan cryptocurrency mereka sendiri secara langsung pada ethereum blockchain menghapus kebutuhan bagi pengembang untuk membuat blockchain baru untuk layanan mereka. Ini tidak hanya menghemat waktu yang dibutuhkan pengembang untuk membuat blockchain, tetapi juga memberi mereka keamanan dan desentralisasi Ethereum yang bukan sesuatu yang melekat pada semua blockchain.

Kontrak pintar yang dibangun di atas Ethereum menggunakan mesin virtual Turing-desentralisasi Ethereum yang terdesentralisasi, yang disebut Ethereum Virtual Machine atau EVM. Ini adalah bagian dari protokol yang benar-benar mengeksekusi kontrak / skrip cerdas. EVM mengeksekusi skrip menggunakan jaringan internasional node publik, memastikan resistensi sensor platform.

Skrip atau kontrak pintar pada Ethereum ditulis menggunakan bahasa pemrograman baru yang dibangun khusus untuk Ethereum yang disebut Solidity.

Untuk memberi insentif kepada orang untuk menjalankan node dan menjalankan skrip, dan untuk mengurangi spam di jaringan, Ethereum memiliki cryptocurrency, ether (ETH) sendiri

Ketika Anda melakukan operasi pada Ethereum Anda harus membayar biaya eksekusi. Biaya eksekusi yang Anda bayar disebut “Gas” dan diberi harga eter. Gas mengukur seberapa banyak kerja yang dilakukan suatu tindakan atau serangkaian tindakan untuk dilakukan, semakin banyak perhitungan yang dibutuhkan operasi, semakin banyak gas yang dibutuhkan. Jumlah eter yang Anda bayar per Gas terserah Anda, tetapi ingat bahwa node memprioritaskan permintaan tergantung pada berapa banyak mereka membayar.

Dengan Ethereum hadir manfaat seperti uptime yang andal. Jika server perusahaan rusak, layanan mereka akan berhenti bekerja, sedangkan jika ada node pada Ethereum berhenti bekerja akan ada lebih banyak di seluruh dunia menjaga layanan online. Dan hal yang sama berlaku untuk penyensoran, jauh lebih mudah bagi aktor jahat untuk mematikan 1 server terpusat dari 100 atau 1000 yang tersebar di seluruh dunia. Ini melindungi layanan, memastikan itu selalu tersedia untuk semua orang di bagian dunia mana pun.

Jadi singkatnya, Ethereum dapat dilihat sebagai blockchain dengan bahasa pemrograman built-in atau seperti komputer dunia berbasis konsensus bahwa aplikasi berjalan di atas karena mereka menghargai manfaat yang ditawarkan oleh Ethereum daripada yang ditawarkan oleh server normal.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here