Home bitcoin Bank Sentral Pakistan Akan Meluncurkan Mata Uang Kripto Pada Tahun 2025

Bank Sentral Pakistan Akan Meluncurkan Mata Uang Kripto Pada Tahun 2025

260
0
SHARE

Bank Negara Pakistan (SBP), bank sentral negara itu, sedang mempertimbangkan peluncuran mata uang digital berbasis blockchain pada tahun 2025.

Menurut laporan dari sumber berita Dawn pada hari Selasa, wakil gubernur SBP Jameel Ahmad mengatakan bahwa bank sentral saat ini bekerja pada konsep mata uang kripto untuk “mempromosikan inklusif keuangan dan mengurangi inefisiensi dan korupsi yang terjadi di sekitar lembaga”.
Bank sentral juga dilaporkan berencana untuk membuat layanannya sepenuhnya digital dan dilengkapi teknologi terbaru pada tahun 2030.

Sehubungan dengan upaya digitalisasi yang diusulkan menteri keuangan Pakistan, Asad Umar, meminta bank sentral dan Badan Investigasi Federal (FIA) negara itu untuk memastikan keamanan cyber dalam sistem perbankan. Laporan tersebut juga menambahkan bahwa kegagalan di sistem ini dapat menyebabkan kerusakan kepercayaan pada sistem dan ekonomi.
Mata Uang Kripto Harus Dilisensikan Agar Aman
Baru kemarin, SBP juga menerbitkan peraturan baru untuk Lembaga Uang Elektronik (EMI), klasifikasi yang mencakup perusahaan mata uang kripto. Sesuai aturan baru, EMI harus memenuhi persyaratan tertentu untuk dilisensikan oleh pemerintah negara, dengan perusahaan melanggar aturan untuk menghadapi penangguhan atau pembatasan lisensi.

Para pejabat membuat komentar mereka pada upacara untuk menandai peluncuran peraturan baru pada hari Senin.
Dengan peraturan yang berlaku, bank sentral mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka mengharapkan EMI mendatang untuk menawarkan produk dan layanan pembayaran digital yang nyaman, hemat biaya, serta dapat dioperasikan dan aman bagi pengguna akhir.

Menteri keuangan mengatakan dalam laporan hari Selasa :
“Adalah kebijakan pemerintah kami untuk mendorong penggunaan e-commerce diantara masyarakat melalui kampanye kesadaran untuk mempromosikan budaya e-commerce, yang mendukung transaksi bisnis elektronik di tingkat nasional, regional, dan internasional”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here