Virus Ransomware Kripto Naik Hampir 90% Di Kuartal Pertama 2019

    149
    0
    SHARE

    Rata-rata pembayaran kripto untuk serangan ransomware naik secara dramatis pada kuartal pertama 2019, menurut sebuah perusahaan yang membantu korban membayar tebusan.

    Dalam laporan triwulanannya, Coveware mengatakan bahwa, sementara pada Q4 tahun lalu tebusan rata-rata adalah $6,733, uang itu melonjak sebesar 89 persen menjadi $12,762 dalam tiga bulan pertama tahun 2019.

    Ransomware Sangat Berbahaya
    Peningkatan pesat terjadi pada prevalensi jenis ransomware yang lebih mahal, yang mengenkripsi file korban dan meminta pembayaran dalam kripto untuk membuka kunci mereka. Jenis tersebut seperti Ryuk, Bitpaymer, dan Iencrypt, menurut perusahaan.
    “Jenis ransomware ini sebagian besar digunakan dalam serangan yang ditargetkan khusus pada target perusahaan yang lebih besar,” kata Coveware.

    Strain ransomware Ryuk khususnya telah meningkat dalam prevalensi. Di Q1, di tempat pertama dan kedua, masing-masing, Dharma dan Crysis memegang posisi terdepan mereka di tabel pangsa pasar, sementara Ryuk sekarang di tempat ketiga.
    Ryuk juga menargetkan organisasi yang lebih besar daripada varian lain, kata laporan itu. Bukan hanya itu tetapi menuntut tebusan yang jauh lebih tinggi. Sebagai contoh, Dharma membutuhkan tebusan rata-rata $9,742, sedangkan Ryuk rata-rata menuntut $286,556.

    Bitcoin masih menjadi cara pembayaran utama dan kemungkinan akan terus berlanjut. Kripto paling populer tersebut diburu oleh aktor jahat yang menyebarkan ransomware, Coveware menambahkan, meskipun koin privasi mencapai sekitar 2 persen dari permintaan.

    Ketika virus ransomware sudah menjangkit komputer korban, maka komputer itu secara langsung akan terkunci dengan enkripsi hash tingkat tinggi. Seluruh file yang ada didalam komputer tersebut juga dienkripsi, sehingga upaya apapun akan sulit dilakukan untuk memulihkan file yang telah dikunci. Inilah penyebab utama kenapa korban selalu mau untuk membayar para aktor jahat tersebut meskipun dengan harga yang mahal.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here