Penerapan Teknologi Blockchain Pada Plastics Traceability

    21
    0
    SHARE

    Pemasok resin Domo dan Covestro bekerja sama dengan transparansi startup Circularise dalam proyek kolaborasi untuk sirkularitas dalam industri plastik melalui penggunaan teknologi blockchain. Kelompok proyek Circularise Plastics yang baru dibentuk bertujuan untuk menetapkan standar terbuka untuk transparansi dalam bidang ini. Tahun 2019, Domo dan Covestro mendiskusikan proyek dengan pelanggan dan mencari mitra baru untuk bergabung dengan mereka.

    Inovator teknologi yang bermarkas di Belanda, Circularise, memungkinkan transparansi dan komunikasi dalam rantai nilai global dengan memanfaatkan blockchain. Protokol mereka memungkinkan pertukaran data terpercaya dalam rantai pasokan yang terfragmentasi. Tidak seperti solusi transparansi blockchain lainnya, teknologi Circularise yang disebut “smart questioning” melindungi privasi perusahaan dan informasi sensitif.
    Ini berarti bahwa kerahasiaan dan keunggulan kompetitif selalu dijaga. Teknologi ini juga menghilangkan kebutuhan untuk mempercayai pihak yang terpusat.
    “Karena semua verifikasi dilakukan oleh sistem itu sendiri, idenya adalah bahwa pengguna tidak perlu bergantung pada titik kontrol pusat. Alih-alih, kepercayaan dialihkan dari satu otoritas terpusat ke banyak peserta anonim yang didesentralisasi,” kata Mesbah Sabur dari Circularise.

    Konsep Circularise Plastics melibatkan proses tujuh langkah di mana bahan sumber dapat diikuti melalui jalur blockchain, memastikan keterlacakan dan asal-usul produk ujung ke ujung. Jika pada akhirnya diterima oleh pemegang informasi asli (produsen plastik / cetakan), OEM dapat mengakses informasi penting dan membuat pernyataan yang sesuai.

    Solusi ini memiliki dua keunggulan utama dasar dibandingkan inisiatif lainnya. Protokol terbuka akan memungkinkan standar industri (pada blockchain apa pun) dan menghindari monopoli. Teknologi “Smart Questioning” menjaga privasi, sambil tetap memungkinkan transparansi.

    Teknologi Blockchain adalah mengkonsumsi listrik yang luar biasa. Menurut satu perkiraan, setiap transaksi pada jaringan Ethereum mengkonsumsi listrik yang cukup untuk memberi daya pada dua rumah tangga AS selama sehari. Mengomentari konsumsi energi yang terkait dengan blockchain Circularise Plastics, Sabur mengatakan bahwa sementara pembuktian konsep dilakukan menggunakan jaringan Ethereum. Karena itu yang paling terbuka dan aman, memiliki jumlah pengguna terbanyak.
    Ethereum dan Bitcoin saat ini bekerja berdasarkan prinsip bukti kerja tetapi ada visi jangka panjang untuk Ethereum adalah untuk transisi ke model penambangan yang disebut proof-of-stake (PoS). Dengan cara ini kebutuhan energi Ethereum akan berkurang lebih dari 90%.

    Manfaat dari Penerapan Teknologi Ini
    Proyek Circularise Plastics masih berada pada tahap yang sangat awal dan di dimulai akhir tahun 2019. Demi untuk meningkatkan minat di antara mitra rantai nilai, yang bersedia bergabung dengan konsorsium dalam fase ide dan pengujian. Anggota baru akan menjadi inovator keberlanjutan dalam industri plastik. Ini akan memberi mereka akses ke informasi dan sumber daya terbaru, dan memberikan kesempatan untuk bersama-sama menciptakan standar komunikasi di seluruh industri untuk ekonomi.
    “Registri dan sistem pelacakan adalah kunci untuk menilai kemajuan menuju tujuan sirkularitas global. Blockchain dapat membawa transparansi di tempat yang paling dibutuhkan, terutama ketika menyangkut keterlacakan rantai pasokan di industri kami. Mencapai standar tunggal untuk keterlacakan ke asal akan memungkinkan industri untuk bertanggung jawab dan berkomunikasi,” kata Alex Segers, CEO di DOMO.
    Para mitra percaya bahwa mencapai keterlacakan dan transparansi dalam rantai pasokan plastik yang dimungkinkan oleh blockchain akan membuatnya lebih otentik dan transparan. Ada tiga tujuan utama:
    • Mempermudah pemasok, pemroses, produsen, pembuat cetakan dan pemilik merek untuk memilih bahan yang dapat dilacak.
    • Menciptakan insentif bagi pemasok dan produsen untuk menghasilkan bahan dan produk yang dapat dilacak.
    • Berikan informasi penting untuk logistik yang terbalik dan ambil kembali produk, bahan, dan komponen.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here